-->
IKLAN

Friday, November 25, 2016

10 Cara ini Ampuh Hilangkan Kebiasaan Merokok



Muslimdong - Merokok merupakan Hal buruk yang patut di jauhkan, Dunia sepakat bahwa rokok lebih banyak membawa keburukan daripada kebaikan. banyak orang yang sudah berhenti merokok namun setelah berapa bulan kedepan tidak tahan akhirnya memutuskan untuk merokok kembali. Rokok adalah kebiasan Orang suku asli Amerika, yaitu Suku Indiana, Maya dan Aztec. Pada Abad 15 Merokok hanya di ketahui oleh orang asli Amerika dan begitupun tanamannya. Adapun dengan Adab ini pertama kali di kenalkan Oleh Colombus dan di bawa ke Eropa.

Rokok mulai terkenal pada Abad 16 yaitu sebagai Obat bagi dan Pada masa kolonial Inggris atau Abad 17 Rokok ,semakin populer hingga terkenal hingga saat ini. Karena Adab ini merupakan hal yang biasa terutama bagi kaum pria padahal merokok sangat membahayakan kesehatan terutama paru-paru, Banyak sekali sekarang anak-anak muda yang tidak bisa hidup tanpa rokok bahkan mencuri pun di lakukan hanya untuk merokok. 

Berkenan dengan itu 10 cara ini ampuh bikin kalian yang ketagihan rokok berhenti merokok,  yuk mari kita simak .

1.Ubah Pola Pikir Kalian

Dengan mengubah Pola pikir kalian dengan bahwa rokok itu haram dan tidak boleh di konsumsi. Sudah banyak fatwa-fatwa Ulama akan hal ini, Ingat kalo kalian menganggap Babi itu Haram dan tidak memakan nya kenapa Rokok yang haram kalian masih mengkonsumsi. Ormas Islam Seperti Muhammadiyah sudah mengeluarkan fatwa akan haramnya Rokok , karena Menurut mereka Rokok menyebabkan kebinasaan.

2.Menghindar dari Lingkungan Orang - Orang Perokok 

Yaps, dengan menjauhkan diri dari lingkungan yang perokok membuat anda lebih Fokus dalam program " Berhenti Merokok " menjauh bukan kata lain dari sombong ya tapi kurangi Nongkrong, Mudah kok dengan beralasan anda sedang sibuk kemungkinan teman-teman anda akan mengerti.

3.Cari Kegiatan Positive

Dengan Cara ini  akan mengurangi pikiran kalian untuk merokok, Banyak contoh Kegiatan positive seperti Mengaji, Dzikir hal ini lebih bermanfaat dari pada mulut anda di gunakan untuk merokok. Dengan mengaji waktu kalian yang senggang itu lebih bermanfaat dan sekaligus mendapat pahala . 

4.Makan Permen 

Makan Permen juga mengurangi tingkat kemasaman mulut bagi prokok berat, Jangan sepelekan masalah ini mungkin bagi sebgaian orang Makan permen adalah cara ampuh hilangin keinginan untuk merokok. Sudah banyak yang berhasil dengan menggunakan cara ini, tapi di iringi juga dengan Niat ya , Karena sesuatu hal itu berawal dari niat . cara ini lebih efektif jika di lakukan sehabis makan/sarapan.

5.Bekerja

Bekerja, jika anda seorang pekerja tentu hal ini sangat menguntungkan apalagi yang kerjanya di dalam ruangan ber-AC, tentu dengan bekerja akan mengurangi keinginan kita untuk merokok, tapi jika anda Pengangguran lebih baik saya sarankan sadar diri karena rokok itu Mahal,  Ingat deh point nomor (1)

6.Kurangi Begadang 

Bagi sebagian Pria begadang adalah hal sangat sering di lakukan entah bertujuan positive maupun negative, Begadang juga merupakan salah satu pemicu keinginan merokok karena hawanya memang dingin. Khusus kaum Pria ganti kata begadang dengan Sholat Tahajud , Tidurlah secukupnya misal, Tidur jam 9 Malam bangun jam 1, lanjut dengan sholat tahajud dan tidur lagi kemudian bangun jam 4 untuk persiapkan Sholat subuh,dengan cara ini justru lebih bermanfaat.

7.Dekatkan diri kepada Allah Swt

Cara ini berkaitan dengan point nomor (1) dengan fatwa Haramnya rokok, dengan perbanyak Ibadah dan mengubah Pola pikir ini lebih bermanfaat , perlu kita sadari Bahwa kita Hidup di dunia yang hina ini tak lain di peruntukan ibadah kepada Allah Swt . Allah Swt telah berFirman di Dalam Al-Qur'an di Surah Adz Dzariyat:56 " Dan tidak aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka ( Manusia&Jin) beribadah kepada-Ku " Di surah ini Jelas-jelas Allah  menciptakan Manusia dan jin bertujuan beribadah kepadanya . Cari Ustad atau guru yang bisa merangkul anda karena belajar Agama tanpa guru bisa menyebabkan kesalahan pemahaman bahkan bisa salah langkah.

8.Olahraga

Cara ini sangat efektif , Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi yang perokok berat hal ini wajib di lakukan . Dengan berolahraga pikiran tenang dan fresh tentu bagi anda yang sudah menerapkan metode ini tapi masih tidak bisa berhenti merokok, berfikir ulanglah untuk tidak merokok , Kuatkan tekad . Karena Olahraga + tidak merokok itu tampan . 

9.Bermain bersama Anak 

Hal ini sangat manjur karena sebagian Pria terutama yang telah berkeluarga tidak inginkan menjadi contoh yang buruk bagi keluarganya. Bermain dengan anak salah satu cara menghilangkan keinginan untuk merokok, karena tidak mungkinkan kita sebagai Orang tua bermain dengan anak sambil merokok. Bagi yang belum berkeluarga bisa juga dengan ajak bermain dengan adik yang masih kecil atau keponakan yang lagi imut-imutnya itung-itung belajar jadi bapak yang dekat dengan Anak kecil, tapi jangan anak orang yang tidak di kenal ya, jelas itu bahaya nanti malah di kira " Modus Penculikan Anak ".hehe

10.Membaca

Dengan Membaca juga salah satu metode yang baik,tanpa kita sadari dengan membaca selain menambah wawasan dan pengetahuan juga mengurangi keingingan untuk merokok karena membaca banyak positivenya salah satu contohnya membaca Artikel ini. Lakukanlah dari sekarang Perbanyak membaca, karena membaca sama dengan jembatan Ilmu .

Itulah 10 Cara Ampuh hilangkan Kebiasaan merokok , semoga bermanfaat bagi kita semua . silahkan share Artikel ini sebanyak-banyaknya agar teman, kerabat anda yang punya tujuan yang sama bisa bersama-sama menghilangkan kebiasaan merokok , Salam sehat .



Iklan

0 komentar

click to leave a comment!