-->
IKLAN

Wednesday, February 8, 2017

Makanan Yang disukai Nabi Muhammad, Apa Saja?


Sebagai muslim tentulah kita ingin selalu mencontoh prilaku nabi, mulai dari cara berpakaiannya, makananya, serta tata cara hidupnya. Perlu diketahui mengikuti gaya hidup seperti Rasulullah hukumnya sunnah, jika tidak melakukannya juga tidak berdosa. Tetapi menghina sunnahnya itu baru di katogorikan dosa.
Makanan Favorit Rasululah, Roti gandum. Daging Kambing

Baiklah, karena kali ini membahas makanan yang disukai Rasulullah, dan juga merupakan salah satu dari sekian banyak sunnah yang harus kamu ketahui. Dari sekian banyak makanan yang di sukai beliau saya akan merangkumnya menjadi 3 makanan yang di sukainya, apa saja? mari kita simak.

1. Roti Gandum
Rasulullah sangat menyukai roti, karena kondisi iklim di wilayah timur-tengah memang sangat cocok bertani gandum. Dalam riwayat hadist yang di ceritakan jabir ibnu abdullah, bahwa ketika itu Jabir ibnu Abdullah sedang duduk di depan rumahnya, kemudian Rasulullah lewat depan rumahnya dan memanggil dengan isyaarat.

Setelah itu Rasulullah mengajak Jabir pergi, dan mereka berjalan hingga ke salah satu rumah istri Rasulullah. Kemudian beliau masuk dan mempersilahkan Jabir masuk juga. " Adakah kau sediakan Makanan " Ungkap Rasulullah kepada istri, "Ada" jawab istri Rasulullah, dan dihidangkanlah makanan 3 potong roti. Rasulullah mengambil salah satu roti kemudian jabir juga, lalu sisalah satu roti, dipotong menjadi dua bagian separuh buat jabir dan separuh untuk Rasulullah.

" Tidak adakah sambal " bertanya Rasulullah kepada Istri, lalu istinya menjawab "tidak ada apa-apa kecuali cuka" kemudian Rasulullah menjawab "bawalah kemari,cuka juga enak". Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim.

2. Daging Kambing
Bukan hanya kita yang menyukai daging kambing, Rasulullah sangat menyukai daging kambing oleh karena itu memakan daging kambing juga merupakan sunnah beliau. Adapun Hadist yang di bawa Abu Hurairah Ra,Rasulullah pernah di suguhi daging, Bagian kaki(daging paha) yang disuguhkan kala itu kepada Rasulullah,dan beliau menyukainya, maka Rasulullahpun menggigitinya(HR.Muslim).

Keistemawaan daging kambing sangat banyak, salah satunya adalah daging kambing adalah berkah dari Allah, tetapi banyak orang berargumen terlalu banyak memakan daging kambing tidak baik buat kesehatan padahal ini sangat dianjurkan kepada kita tergantung mengolahnya saja, jika bumbu-bumbunya sesuai insya Allah baik, jika bumbu karinya hanya mengikuti nafsu tentu sangat berdampak ke kesehatan terutama pada penderita darah tinggi.

3. Labu
Makanan yang disukai Rasulullah salah satunya ialah Labu, di dalam Al-Qur'an labu juga pernah disebut dalam surah Ash Safaat, "kami tumbuhkan dia sebatang pohon dari jenis labu". Adapun riwayat yang meceritakan dari Annas Ra,"Aku melihat beliau(Rasulullah) dihidangkan semangkuk kuah berisi labu dan dendeng. Dan Rasulullah mecari labu di mangku itu lalu di makannya.(HR.Muslim).

Kebiasaan beliau tersebut ini kemudian di ikuti para sahabat-sahabatnya setelah mereka mengetahui bahwa Nabi Muhammad Saw menyukai labu. Labu sendiri sangat mudah jumpai sekarang, bahkan banyak beredar di pasaran tetapi sedikit kaum muslimin yang menyukainya. Kebanyakan malah mengikuti yang konon makanan instan yang tidak baik untuk kesehatan.

Nah, itulah makanan kesukaan nabi muhammad yang harus kamu ketahui, adapun yang tidak saya sebutkan karena keterbatasan waktu untuk menulis. Cukup itu dulu yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga dengan mengikuti sunnah hidup kita lebih terarah.
Iklan

0 komentar

click to leave a comment!