-->
IKLAN

Sunday, December 25, 2016

5 Tips Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad

tips dan cara
Foto/Ilustrasi

Muslimdong - Hidup Sehat adalah idaman setiap manusia tapi tidak sedikit yang mengabaikan kesehatan tersebut. Paling banyak orang yang mengabaikan kesehatan adalah mereka yang masih muda. Kenapa susah menerapkan Hidup sehat ? , Banyak faktor yang menyebabkan orang cuek akan kesehatan. Biasanya karena belum terasa dampaknya sekarang .

Islam sebenarnya bukan hanya tentang beribadah saja , tapi islam di turunkan sebagai kunci selamat dunia dan akhirat. Dari bangun tidur sampai tidur lagi sudah di atur dalam islam. Karena hakekatnya Islam adalah Agama rahmatan Lil Alamin .

Nabi Muhammad SAW semasa hidup nya hanya dua kali sakit sepanjang hayatnya . Itupun karena di racun oleh Wanita Yahudi dan menjelang kematian nya .

Berikut 5 Tips Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW ..

1.Bangun Sebelum Subuh

Biasanya Rasulullah SAW selalu bangun sebelum subuh dan melakukan qiyamul lail dan di lanjut melaksanakan Sholat Fardu dua Raka'at . Rasulullah SAW juga sering menghirup udara di waktu subuh . Menurut beberapa peneliti udara di subuh hari dalah udara yang paling bersih karena belum terkontaminasi oleh zat-zat kotor . Banyak sekali keuntungan bangun di Subuh ini karena selain kita melaksanakan Sholat wajib , Mandi di subuh pun juga sangat menjaga ketahanan tubuh .

2. Rajin Puasa

Rasulullah sering berpuasa di dalam hidupnya , selain Puasa Ramadhan banyak juga puasa sunnah yang di lakukan Nabi Muhammad SAW . Puasa Sunnah juga selalin mendapatkan pahala juga adab kita dalam belajar menahan diri dari godaan syetan yang terkutuk . Salah satu puasa yang sering di lakukan Nabi Muhammad adalah rutin Puasa Seni-kamis .

Selain itu Banyak juga Manfaat di dapatkan dengan berpuasa , Kita dapat menambah Ketahanan fisik kita dan organ kita seraya beramal .

3. Mengunakan Siwak

Menggunakan siwak sering kali di lakukan rasulullah untuk menjaga kesehatan dalam mulut dan gigi . Rasulullah SAW ketika di pagi Hari selalu memakai Siwak dan ini hukumnya bagi kaum muslimin adalah Sunnah , Menjaga Kesehatan Mulut juga sangat penting terutama apabila ketika sakit gigi untuk mengkonsumsi makananpun kita akan kesusahan .

Tapi di Zaman sekarang sudah jarang orang memakai siwak karena adanya odol yang super praktis di temukan . Tetapi Odol tersebut banyak mengandung zat-zat kimia , Tentu rasa was-was selalu ada mengingat banyaknya kimia terkandung . Mulai sekarng bisakanlah memakai siwak .

4. Makan Mengunakan Tangan Kanan

Makan dengan menggunakan tangan tangan kanan adalah kebiasaan Rasullulah ketika makan. Hal ini pun Alhamdulilah masih banyak yang mengikuti Sunnah Nabi muhammad SAW dalam hal mengkonsumsi makanan . Adapun Yang harus di perhatikan adalah tangan harus dalam keadaan bersih ketika hendak memakan  , Karena pada dasarnya Kebersihan sebagian dari iman . Stop ikut kebarat-baratan dalam konteks ini , makan dengan tanganlah yang sangat di anjurkan . 


5.Makan Sebelum Lapar , Berhenti Sebelum Kenyang

Hadist tentang ini sebenarnya Dhaif , tetapi maknanya benar , kenapa benar bukankah Sannad nya Dhaif ? Hal ini pun juga telah di pertimbangkan para ulama dengan merujuk Hadist lain yang lebih sahih yang bermakna sama tapi beda pengucapan.

Memakan dalam jumlah yang berlebihan sangat tidak di anjurkan dalam kesehatan, Selain memakan makanan yang Halal kita di anjurkan memakan sebelum lapar.Hal ini bertujuan untuk menjaga kita dalam bentuk tubuh tetap fit dan terjaga.

Begitulah Tips kenapa Rasulullah selalu sehat sepanjang hidupnya, sebenarnya banyak sunnah Rasullah yang harus kita ikuti sebagai bentuk kecintaan kita terhadap beliau .

Hakekatnya Nikamat sehat ialah berkah dari Allah SWT, maka dari itu hendaklah kaum muslimin senantiasa meminta kepada AllahSWT agar selalu di beri kesehatan.


Iklan

0 komentar

click to leave a comment!