-->

search here and find more articles

IKLAN

Tuesday, December 27, 2016

Adab Makan dan Minum Dalam Islam

cara makan dan minum Rasulullah

Muslimdong - Sering kali orang yang mengaku islam tetapi jarang sekali menerapkan islam di dalam kehidupan mereka. Sesungguhnya Islam telah di turunkan dengan sempurna, dari bangun tidur sampai tidur lagi pun telah di atur dalam islam. Jadi kita hidup di zaman sekarang hanya perlu mencontoh dan mencontoh. Kali ini yang akan di bahas adalah tata cara makan dan minum dalam Islam. Sebagai Muslim tentu orang yang di contoh ialah Nabi Muhammad SAW, beliaulah sebaik-baiknya mahluk di dunia ini .

Menjadi Seorang Muslim sejati di zaman sekarang tentu banyak sekali cobaan dan rintangannya bahakan bagaikan mengenggam bara api . Kita tau sendiri semenjak jatuhnya Khilafah terakhir di Turky Islam semakin ke sini semakin di fitnah. Budaya-budaya barat selalu menjadi trend padahal itu hanyalah kesenangan sesaat.

Lalu Apa saja Adab Makan dan Minum Dalam Islam ?

Mari kita simak satu persatu...

1. Berdoa Sebelum Makan&Minum

Dalam islam berdoa sebelum makan ataupun minum telah di lakukan oleh Rasulullah SAW karena setan akan menghalalkan makanan tersebut jika tidak di awali dengan Doa . Sebagaimana telah di tulis di Dalam Hadist kita hanya cukup mengucapkan " Bismillah "  

Adapun yang menjadi kebiasaan yang terlah menjamur di masyarakat dengan mengatakan Doa sebelum makan ialah " Allahumma baarik lana " tetapi setelah di perhatikan sannad dalam hadist ini Dhoif , Kerena di dalam perawinya terdapat Muhammad Bin Abi Zu'ayzi'yah dia di kenal sebagai pendusta . 

Jadi kita hanya cukup mengucapkan bismillah yang mana telah di kuatkan hadist dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda " Apabila salah seorang di antara kalian makan , Hendaklah dia menyebutkan Nama Allah Ta'ala . Jika dia lupa di awal maka henaklah di ucapkan " Bismillahu awwalahu wa akhirohu " (HR. Abu daud )

2.Makan dengan Tangan Kanan

Makan dengan tangan kanan adalah kebiasaan Rasulullah bahkan kita di suruh hendaklah menjilati jari jemari setelah makan yang mana telah di jelaskan di dalam hadist dari Abu Hurairah 

Rasulullah SAW bersabda " Jika salah seorang di antara kamu makan , hendaklah ia menjilati jari-jemarinya , karena dia tidak mengetahui dari jari mana yang muncul keberkahan .(HR.Muslim)

Jadi Stop makan mengunakan gaya barat yang telah menjadi gaya yang lumrah di indonesia.

3.Tidak Bersandar Ketika Makan

Makan dalam bersandar memang kelihatan nikmat tetapi itu sangat tidak sopan bahkan untuk kesehatan juga tidak baik karena perut akan menjadi buncit dll . 

Rasulullah tidak pernah makan keadaan bersandar , Hadist ini riwayat Bukhari ketika Abu Juhaifah mengatakan , ketika dia berada di dekat beliau , Rasulullah SAW berkata kepada salah seorang di dekatnya " Aku tidak makan dalam keadaan bersandar " . 

Hukumnya orang yang makan dalam keadaan bersandar adalah makruh , tetapi tidak menjadi makruh apabila dia tidak menemui keadaan selain bersandar .

4. Di Awali dengan Memakan Buah

Jangan kebalik , kebiasaan makan buah setelah makan sering sekali beredar di masyarakat padahal itu tidak baik bagi kesehatan tubuh nya . Hendaklah dia memakan buah sebelum menyantap makanan utamanya .Dalilnya ada di Surat Al - Waqi'ah:20-21 di sana Allah SWT menyebutkan buah dahulu dari pada daging . Para Ulama setuju di anjurkannya makan buah dahulu sebelum makanan utamanya tidak ada pertentangan dalam ini .

Waktu yang efektif untuk makan buah-buahan adalah sekitar 1jam atau 30 menit sebelum menyantap makanan utamanya .

5.Tidak(Jangan) Meniup Makanan dan Minuman 

Pernah meniup kopi dan sup ? jangan lakukan lagi deh karena ini tidak baik bagi kesehatan,entah siapa yang mempopulerkan kebiasan ini . Para medis pun menyarankan untuk tidak meniup makanan dan minuman kalau masih panas . Adapun hal ini telah di jelaskan di dalam hadist bahwa rasululah melarang kita bernafas di dalam gelas .

Rasulullah SAW bersabda " Apabila kalian minum, janganlah bernafas di dalam gelas " (HR.Bukhari) .

Banyak kok cara lain untuk menghindari kebiasaan meniup tersebut , kita bisa menunggu ketika sudah dingin atau anget-anget kuku . 

6. Makan dan Minum Sambil Duduk

Makan dan minum sambil duduk sangat di anjurkan dalam Agama islam , seperti yang di katakan di dalam Hadist Riwayat Muslim 

Rasululah saw bersabda : 

" Sesungguhnya beliau melarang seorang yang minum sambil berdiri " 

Qotadah berkata , bagaimana dengan makan , beliau menjawab , itu lebih buruk lagi 

terdapat larangan makan dan minum sambil berdiri, walaupun ada beberapa Hadits yang memperbolehkannya. Disini para Ulama berbeda pendapat akan hal ini ada yang menganggapnya makruh ada juga yang boleh tentang makan sambil berdiri .
Tetapi para ulama sepakat makan dan minum sambil duduk lebih di utamakan karena menykapi adanya Hadist larangan tentang makan dan minum sambil berdiri .


Sadarlah saudaraku , kita adalah pengikut Rasulullah SAW hendaklah mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW agar selamat di dunia dan Akhirat. Tinggalkanlah kebiasaan yang sia-sia apalagi tidak bermanfaat .

Sebagai muslim melakukan Sunnah kita mendapatkan pahala dan menolaknyapun kita berdosa .

Sekian dari saya , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua . Jika kalian suka dengan artikel ini jangan lupa share ke semua teman-teman. Adapun pertanyaat terkait ini silahkan berkomentar saya dengan senang hati menjawabnya .

Iklan

1 komentar

click to leave a comment!

December 29, 2016 at 2:02 PM Delete comments

Makan sambil duduk gan, jangan berdiri apalagi sambil berjalan...

Reply
avatar