-->
IKLAN

Monday, December 19, 2016

Menjaga Kesucian : 5 Adab Dalam Islam Yang Jarang Di Lakukan !! Wajib Di Ketahui

Adab Islam Yang Wajib di Ketahui

Muslimdong- Di zaman yang penuh fitnah ini, perilaku manusia semakin aneh saja, tuntunan dijadikan tontonan. Sebaliknya yang tontonan malah dijadikan tuntunan. Miris.
Lihatlah, betapa banyak perbuatan buruk dan keji telah dianggap sebagai gaya hidup masa kini, gaya hidup yang modern.
Salah satu fenomena yang sangat memprihatinkan adalah minimnya rasa malu yang dimiliki oleh kebanyakan wanita pada zaman ini. 

Sehingga banyak sebagian dari mereka dengan suka hati menunjukkan aurotnya di depan laki-laki asing dan tak segan pula mereka tampakkan perhiasan-perhiasan mereka yang dengan itu dapat menimbulkan syahwat birahi.

 Dan berlanjut hingga menjerat pelaku ke dalam perbuatan yang keji. Na’udzubillah…

Ketahuilah saudariku…
Sangat disayangkan betapa banyak wajah-wajah cantik yang terampas kecantikannya. Mata-mata indah yang hilang pancaran cahayanya.

Hati manusia bergejolak dan lari dari kebenaran… Dan banyak keimanan yang menjadi cacat bahkan lenyap dari dada seseorang. Ini karena kurangnya kita dalam menjaga kesucian dan kehormatan diri kita.

Lalu bagaimana agar kesucian kita tetap terjaga?


1.Menundudukan Pandangan


Pandangan adalah jalan tol yang dapat mengantarkan seseorang pada perbuatan keji, pandangan ibarat anak panah beracun yang membidik ulu hati dan menjerumuskan manusia pada maksiat dan dosa.
Allah تعالى berfirman dalam surah An Nuur

“Katakanlahh kepada (laki-laki) yang beriman agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu lebih suci dari mereka.Sungguhh Allah Maha Mengeetahui apa yang mereka perbuat Dan katakanlah kepada(perempuan) yang beriman agar mereka menjaga(pandangannya)dan memelihara kemaluannya…” 
(QS. An Nuur : 30-31)

2.Larangan Bagi Wanita Bepergian Kecuali Bersama Mahrom


Karena tabiatnya wanita itu lemah, dan kebanyakan mereka tidak mampu melindungi diri mereka, sehingga membutuhkan seseorang yang dapat melindungi dari mata-mata jahat.
عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنه قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه و سلم : لَا تُسَافِرُ المَرْأَةُ إِلَّا مَعَ ذِيْ مَحْرَمٍ وَ لَا يَدْخُلُ عَلَيْهَا رَجُلٌ إِلَّا مَعَهَا مَحْرَمٌ . رواه البخاري و مسلم
“Janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahromnya, dan janganlah seorang laki-laki menemui seorang wanita kecuali wanita itu bersama(mahramnya)” 
Dengan begitu terjagalah kesucian setiap mukmim , Tapi kebanyakan wanita lupa hal ini 

3.Tidak bergaul Dengan Yang Bukan Mahrom


Berdua-duaan dengan selain mahrom merupakan faktor terbesar yang menjerumuskan pada perbuatan keji, karena saat itu syetan mencurahkan seluruh kesungguhannya dalam menggoda, agar manusia terjerumus pada perbuatan keji.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda di dalam Hadist 

Barangg siaapa dari kalian yang beriman Kepaada Allah dan hari akhirr, makaa janganlah bersepi-sepian dengan wanita yang Bukan mahrom, makaa sesungguhnya yang ketiga adalah setaan.” 

Nauzubillah min zalik , semoga kita kaum akhir zaman ini terhindar dari dosa yang sebenarnya masih meenempel dan sangat biasa bagi sebagian orang ini 


4.Tidak mendengarkan nyanyian dan musik


Terutama yang dapat menimbulkan syahwat, karena itu salah satu tipu daya setan untuk menggoda orang-orang yang kurang ilmu dan agama.Sebagaimana telah di tulis di dalam hadist .
Rasulullah bersabda ,
Sesungguhnyaa akan aada sebagian umatku(islam) yang akan meenghalalkan zina , sutera, khamr ,dan alat musik .

Memang benar di zaman ini alat musik telah legal di mana-mana bahkan ada yang bangga dengannya.

5. Tidak Isbal


Setelah melihat dan meluruskan pandangan ke kaki - kaki kaum muslim banyak tidak menyadari bahwa dirinya telah isbal , isbal sendiri artinya adalah menjulurkan kain sampai mata kaki .

Rasulullah telah mengancam pelaku islbal ini dalam hadist " kain yang panjangnya melampaui batas kaki tempatnya di neraka "(HR.Bukhari)

Dengan memakai pakaian yang tidak isbal tentunya menambah kecintaan kita terhadap Rasullullah .

Semoga bermanfaat , inilah Adab Islam yang sering di lupakan masyrakat sekarang , padahal sangat penting .
Iklan

1 komentar

click to leave a comment!

December 21, 2016 at 11:05 AM Delete comments

Syukron artikelnya, bertambah referensi pengingat

Reply
avatar